PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI

Authors

  • Aam Jumiati SMA Negeri 1 Bandar Sribhawono

DOI:

https://doi.org/10.52187/rdt.v1i2.26

Keywords:

Contextual Teaching And Learning (CTL), Aktivitas Belajar, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengoptimalkan aktivitas belajar dan hasil belajar biologi pada materi pola-pola hereditas pada mahluk hidup melalui penerapan model pembelajaran  Contextual Teaching And Learning (CTL) bagi peserta didik kelas XII IPA 5 SMA Negeri 1 Bandar Sribhawono Lampung Timur pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari – Maret 2019, metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari dua siklus. Tiap siklus sebanyak dua kali pertemuan dan pada pertemuan ketiga dilakukan tes formatif. Adapun variabel dalam penelitian ini adalah aktivitas belajar peserta didik dan hasil belajar. Untuk variabel aktivitas belajar, peneliti melakukan observasi terhadap 5 aspek aktivitas belajar yang dijabarkan dalam 10 indikator. Sedangkan, untuk variabel hasil belajar peserta didik, peneliti menggunakan nilai formatif materi sebelumnya sebagai nilai prasiklus/ pembanding. Indikator keberhasilan dilihat dari 1) peningkatan aktivitas belajar untuk variabel aktivitas belajar dan 2) peningkatan pemahaman konsep yang diperoleh dari hasil formatif untuk materi pola-pola hereditas. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi dan lembaran tes. Berdasarkan tindakan yang telah diterapkan pada siklus I dan siklus II ternyata dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar biologi pada materi pola-pola hereditas.

References

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Gulo. 2002. Metode Penelitian. Jakarta: PT. Grasindo

Karwono, 2010. Belajar dan Pembelajaran serta Pemanfaatan Sumber Belajar. Penerbit Cerdas Jaya.

Masyhud, S.M. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Jember: Lembaga Pengembangan Manajemen dan Profesi Pendidikan

Roestiyah, N.K. 1998. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

………………2011. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Sardiman, 2009. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar , PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Trianto. 2007. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

University of Washington (college of Education), 2001. Training for Educational Team in Contextual Teaching and Learning. Seatle: UW-USA

WS. Winkel. 1983. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.

Downloads

Published

2020-12-30

How to Cite

Jumiati, A. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI. RADIANT: Journal of Applied, Social, and Education Studies, 1(2). https://doi.org/10.52187/rdt.v1i2.26