The Effect of Blood Donor Service Quality on Blood Donor Satisfaction in Blood Donation Unit (UDD) PMI of Surakarta City

Pengaruh Kualitas Pelayanan Donor Darah terhadap Kepuasan Pendonor Darah di Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Surakarta

Authors

  • Lydia Dessy Pangestika Politeknik Akbara Surakarta, Jl. Sumbing Raya, Jebres, Surakarta, Indonesia
  • Syarifah Syarifah Politeknik Akbara Surakarta, Jl. Sumbing Raya, Jebres, Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52187/rdt.v2i3.98

Keywords:

indonesian red cross surakarta city, blood donor, service

Abstract

Blood supply services in Indonesia are carried out by the Blood Transfusion Unit (BTU) and the Hospital Blood Bank (HBB). BTU is a health service facility who organized donations of blood, providers, and distribution of blood. The objective in this research is to determine the effect of the quality of blood donor services on blood donors in the Blood Donor Unit (BDD) Indonesian Red Cross Surakarta City. This research uses descriptive research method with quantitative approach and cross sectional research design. The population in this study is based on the number of 40% of the average 7,500 donors / month is 3,000 donors taken from the Blood Donor Unit (BDU) Indonesian Red Cross Surakarta City. Determination of the sample is calculated Slovin formula, with a known population of 3,000 people with an error rate of 10%, the results obtained are 100 samples. The data used is primary data obtained directly from respondents through questionnaires and processed using SPSS and Microsoft Excel. The analysis is presented in the form of frequency distribution tables and graphs. Donor satisfaction can almost completely be explained by service quality. This is evidenced by the calculation of the coefficient of determination with an R square value of 53.2%. This means that donor satisfaction can only be explained by the variable quality of blood donor services by 53.2%, the rest is influenced by other factors outside this research model. The quality of blood donation services has a significant effect on blood donor satisfaction at Blood Donor Unit (BDU) Indonesian Red Cross Surakarta City.

 

Unit Transfusi Darah dan Bank Darah Rumah Sakit merupakan unit pelaksana pelayanan darah di Indonesia. Dimana berfungsi sebagai fasilitas pelayanan donor darah, menyediakan darah, dan distribusian darah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan donor darah terhadap pendonor darah di Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Surakarta. Deskriptif kuantitatif dengan desain cross sectional diterapkan dalam penelitian ini. Populasi sebesar 3.000 pendonor di UDD PMI Kota Surakarta. Penentuan sampel dihitung menggunakan rumus slovin, dengan diketahui jumlah populasi 3.000 orang dengan tingkat kesalahan 10% maka diperoleh hasil 100 sampel. Data yang digunakan yaitu kuesioner diolah dengan SPSS dan Microsoft Excel. Analisa ditampilkan dalam tabel distribusi serta grafik. Kepuasan pendonor berhubungan erat dengan kualitas pelayanan. Dilihat dari nilai R square sebesar 53,2%. Artinya kepuasan pendonor dipengaruhi oleh variabel kualitas pelayanan donor darah sebesar 53,2%. Kualitas pelayanan donor darah berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pendonor darah di UDD PMI Kota Surakarta.

References

Alvira, N., & Danarsih, D. E. (2016). Frekuensi Donor Darah dapat Mengendalikan Faktor Risiko Penyakit Kardiovaskuler di Unit Donor Darah PMI Kabupaten Bantul Yogyakarta. Jurnal Formil KesMas Respati. Retrieved from https://formilkesmas.respati.ac.id/index.php/formil/article/download/6/3

Astuti, Y., & Artini, D. (2020). Hubungan Komunikasi Efektif dengan Kepuasan Pendonor Darah dalam Pelayanan Seleksi Donor di Unit Transfusi Darah Palang Merah Indonesia Kota Yogyakarta. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pelayanan Kesehatan. https://doi.org/10.22435/jpppk.v3i3.2737

Hamdi, M. (n.d.). Kebijakan Publik. Bogor: Ghalia Indoesia.

Hapsari, N. Y. D., & Herdiana, I. (2012). Hubungan antara Self-Esteem dengan Intensi Perilaku Prososial Donor Darah pada Donor di Unit Donor Darah PMI Surabaya. JURNAL Psikologi Kepribadian Dan Sosial, 1(3), 173–182.

Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Di Fasilitas Pelayanan Kesehatan. (2015).

Lidgett, C. D. (2016). Improving the patient experience through a commit to sit service excellence initiative. Patient Experience Journal, 3(2), 67–72. https://doi.org/10.35680/2372-0247.1148

Mulyadi, D. (2016). Studi Kebijakan Publik Dan Pelayanan Publik. Bandung: Alfabeta.

Oktarianita, Angraini, W., Febriawati, H., & Auliani, A. (2018). Analisis Sistem Pelayanan Bank Darah Rumah Sakit di Rumah Sakit Daerah Dr. M. Yunus Bengkulu Tahun 2018. Jurnal Ilmiah AVICENNA, 13(3), 1–63. https://doi.org/https://doi.org/10.36085/avicenna.v13i03.178

Sinde, M. S. (2014). Gambaran Pengetahuan, Sikap dan Motivasi Mengenai Donor Darah pada Donor Darah Sukarela di Unit Donor Darah Kota Pontianak Tahun 2013. Jurnal Mahasiswa Fakultas Kedokteran Untan, 1(1).

Standar Pelayanan Transfusi Darah (p. 2015). (n.d.).

Sudaryanto. (2020). Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Utd Pmi Kota Pekanbaru. Jurnal Ners, 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jn.v4i1.744

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Suharyadi, & Purwanto. (2011). Metodologi Penelitian. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sutrisno, E. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Makassar: Kencana Prenada Media Group.

Swarjana, I. K. (2015). Metodologi Penelitian Kesehatan (Edisi Revisi). Yogyakarta: CV Andi Offset.

Waller, D., Thijsen, A., Garradd, A., Hayman, J., & Smith, G. (2017). Donating Blood for Research: A Potential Method for Enhancing Customer Satisfaction of Permanently Deferred Blood Donors. Blood Transfus, 15(1), 13–19. https://doi.org/https://doi.org/10.2450/2015.0142-15

Wardati, Nur’aini, & Hadi, A. J. (2019). Faktor yang Memengaruhi Perilaku Donor Darah di Unit Transfusi Darah Rs Dr. Fauziah Bireuen. MPPKI (Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia): The Indonesian Journal of Health Promotion, 2(3). https://doi.org/https://doi.org/10.31934/mppki.v2i3.804

Wibowo, E., & Utomo, H. (2016). Pengaruh Keselamatan Kerja dan Kesehatan Kerja Terhadap Kinerja Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variable Intervening. Among Makerti, 9(17), 38–59.

Wijaya, E. M., & Ratnawati, I. (2011). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Konsumen, dengan Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Intervening Studi pada Waterpark Semawis Semarang. UNDIP.

Wulandari, S., Widjanarko, B., & Kusyogo. (2015). Analisis Niat Donor Darah Sukarela (DDS) untuk Konseling Menerima Hasil Test di Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Semarang. Jurnal Promosi Kesehatan Indonesia, 10(2), 144–158.

Downloads

Published

2021-12-15

How to Cite

Pangestika, L. D. ., & Syarifah, S. (2021). The Effect of Blood Donor Service Quality on Blood Donor Satisfaction in Blood Donation Unit (UDD) PMI of Surakarta City: Pengaruh Kualitas Pelayanan Donor Darah terhadap Kepuasan Pendonor Darah di Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Surakarta. RADIANT: Journal of Applied, Social, and Education Studies, 2(3), 239-248. https://doi.org/10.52187/rdt.v2i3.98